pengertian printer, Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer tersebut.

Jenis Printer Dot Matrik

jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot metrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.

Jenis Ink Jet

Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

Jenis Laser Jet

Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.

engenal Jenis-jenis Printer dan Piranti Cetak Komputer

Printer merupakan piranti output komputer yang paling sering digunakan di kalangan perkantoran dan pendidikan. Ada berbagai macam printer yang beredar saat ini. Jenis-jenisnya pun beragam, baik berdasarkan teknologi cetaknya, media penghubungnya, hingga fungsi penggunaannya.

Jenis-jenis Printer


Jenis printer berdasarkan teknologi atau bahan yang digunakan:

  • Dot Matrix : Printer yang menggunakan pita sebagai bahan cetaknya. Kualitas cetaknya kurang bagus, hanya memiliki satu warna (hitam), lazim digunakan di dunia bisnis dan perkantoran, misalnya untuk mencetak slip atau laporan.
  • Inkjet : Printer yang menggunakan cairan tinta sebagai bahan cetaknya. Kualitas cetaknya standar, bisa digunakan untuk cetak warna, lazim digunakan untuk kebutuhan rumahan atau personal.
  • Laser : Printer yang menggunakan toner sebagai bahan cetaknya. Kualitas cetaknya sangat bagus, ada yang satu warna (hitam) maupun yang full color, lazim digunakan di dunia industri cetak.


Jenis printer berdasarkan koneksi atau media penghubungnya:

  • Lokal : Printer terhubung langsung ke komputer via kabel printer atau port USB.
  • Jaringan : Printer terhubung ke komputer via jaringan komputer melalui mekanisme sharing. Jadi satu printer dipakai bersama oleh beberapa komputer di jaringan.


Jenis printer berdasarkan fungsinya:

  • Fungsi tunggal: Printer hanya berfungsi sebagai alat cetak saja.
  • Multi fungsi atau sering disebut Multifunction (MFP) atau All-in-One (AIO) : Printer yang dilengkapi dengan fungsi lain, seperti copier (pengganda) dan scanner (pemindai), bahkan kadang juga bisa dipakai sebagai mesin faksimili (fax). 

 

Huhuiy

MENDIAGNOSA DAN MEMPERBAIKI PRINTER CANON IP 1880

Jun 15, ’10 11:26 AM
untuk semuanya

Mengenal Printer Canon Pixma IP 1880


Printer Canon Pixma IP 1880 adalah salah satu jenis printer inkjet yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis

Gambar : Printer Canon Pixma IP 1880


Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon Pixma IP 1880

Kelebihan printer Canon Pixma IP 1880
1. Daya cetak cepat.
2. Pemakaian tinta lebih hemat dari printer lain.
3. Hasil cetakan sesuai aslinya.
4. Perawatan mudah.
5. Mudah di perbaiki.
Kekurangan printer Canon Pixma IP 1880
1. Tinta original mahal.
2. Printer tidak bisa mencetak bila salah satu cadrid di lepas.


Masalah Yang Sering Terjadi Pada Printer

Printer merk Canon masih merupakan printer favorite dan banyak dipakai dimana-mana. Selain harganya yang relatif murah (untuk entry level), hasil print lumayan bagus juga isi ulang sangat mudah,namun ada beberapa masalah umum yang sering terjadi Printer Canon sebagi berikut ini :
• Berkedip ketika habis tinta
• Huruf hasil cetakkan putus-putus dan bergaris.
• Kertas Pada Printer Macet
• Printer Gagal Menarik Kertas
• Printer tidak dapat mencetak.
• Indikator kedap-kedip ketika printer dinyalakan.
• Printer kelihatan mencetak, namun tidak ada sesuatu yang tertulis diatas kertas.
1. Berkedip Ketika Habis Tinta
Pada saat printer dinyalakan lampu Power dan lampu Resume berkedip secara bergantian adapun salah satu solusinya yaitu:
• Tekan dan tahan tombol “Resume” selama kurang lebih 1 sampai 2 menit
• Kemudian buka tutup atau cover printer.
• Buka dulu Cartridge-nya kemudian pasang lagi
• Tutup cover printer
• Matikan, kemudian hidupkan kembali

2. Huruf Hasil Cetakkan Putus-Putus Dan Bergaris

Hal ini di sebabkan karena print head tertutup oleh tinta yang mengering salah satu solusinya dengan dengan melakukan cleaning beberapakali dengan cara sebagai berikut:
• Pilih Star-Printer and Faxes
• Pilih printer yang online
• Klik kanan properties
• Muncul kotak dialog pilih Maintenance
• Plih Cleaning
• Tunggu Proses Cleaning
• Selesai

Gambar :Mencleaning Printer

3 .Kertas Pada Printer Macet
Ketika sedang mencetak, kertas tersangkut di dalam printer. Hal itu sering terjadi dan meskipun proses cetak berhasil, tetapi kertas hasil cetakan menjadi kotor.
Kertas macet pada printer yang biasa disebut dengan paper jam hal ini dapat terjadi karena tumpukan kertas yang terlalu tebal pada paper try printer. Atau jenis kertas yang mudah menempel satu dengan lainnya. Dan juga bisa disebabkan karena roller pada printer yang sudah aus. Untuk mencegah terjadinya paper jam, dapat dilakukan dengan membatasi tebal tumpukan kertas sesuai dengan kapasitas yang didukung oleh printer. Sebelum dipasang pada paper try, ada baiknya kertas dikibas-kibaskan
terlebih dahulu agar kertas tidak saling menempel. Dan hindarkan dari debu dan sering dibersihkan. Jika paper jam sudah terjadi pada printer, maka yang harus dilakukan adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang menjepit kertas, kemudian secara perlahan tarik kertas yang menyangkut pada printer. Selanjutnya kembalikan tuas tersebut ke posisi semula. Untuk menemukan tuas tersebut lihatlah pada buku manual printer.
4. Printer Gagal Menarik Kertas
Ketika ingin mencetak printer tersebut tiba-tiba mengalami gangguan yaitu tidak bisa menarik kertas sehingga proses pencetakan gagal.Hal ini di sebabkan roda penggerak yang sudah mulai licin karena waktu pemakaian yang sudah cukup lama. Bila demikian halnya, lakukan pengamplasan sendiri dengan hati-hati pada bagian roda penariknya.Bersihkan juga roda penggerak dari kotoran yang ada. Kemungkinan lain yang bisa terjadi adalah karena tinta yang hampir habis. Terkadang bila tempat tinta sudah kosong, maka printer tidak akan dapat mencetak.

Gambar: roda penarik pada printer Canon Pixma iP 1880

5. Printer tidak dapat mencetak
Pada saat proses percetakan akan lakukan, printer dalam keadaan ON, dan kertas telah terpasang dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak dan proses percetakan dinyatakan gagal. Untuk mengatasinya hal ini dapat dilakukan dengan pengetesan printer dengan menggunakan print test page pada driver printer. Untuk melakukan hal tersebut dapat melalui Start>>Printers an Faxes. Kemudian klik kanan pada printer yang digunakan lalu pilih Properties. Dalam tab General, klik tombol Print Test Page.

Gambar : tampilan print test properties

Jika setelah print test printer bisa mencetak berarti tidak ada masalah pada printer. Jika tidak, berarti ada masalah pada printernya atau pada koneksi port printernya. Cobalah pada komputer lain, jika proses pencetakan berhasil dilakukan berarti kerusakan bukan pada printernya tetapi pada port printer tersebut.
Jika proses pencetakan gagal berarti ada masalah pada printernya. Untuk mengatasinya coba cek kembali printer mulai dari cartridge sampai koneksi kabel-kabelnya.

6. Indikator Kedap-Kedip Ketika Printer
Dinyalakan

Hal ini di sebabkan kerana printer minta reset.Cara mereset printer ada 2 cara yaitu cara hardware dan dengan cara meggunakan software.

Reset dengan cara manual
• Tekan terus tombol Power, sambil memasang kembali kabel power.
• Indikator power akan kelihatan menyala berwarna kuning.
• Lepaskan tombol power, ketika selesai memasang kabel power.
• Kemudian tekan lagi tombol power, untuk menyalakan printer.

Reset dengan menggunakan software
Software yang digunakan untuk mereset printer Canon Pixma IP 1880 adalah ipTools Ver 1.5 yang bisa anda download di sini iPTool.zip
Cara meresetnya adalah :
• Hidupkan printer, buka aplikasi general tool.
• Klik pada CHANGE MODEL : IP 1880

Gambar: aplikasi iPTool 1.5

• Klik pada Reset Black —-> yes
• Klik Pada Reset Color —-> yes

Gambar : Tekan Reset Platen dan Klik Reset Main

• Klik Reset Platen —-> yes
• Klik Reset Main —-> yes

Gambar : Berubah Jadi 100%

• Sampai muncul tulisan 100% menu pada Info
• Exit
• Matikan Printer
• Hidupkan printer

Gambar : Printer kembali ke Default

7.Printer kelihatan mencetak, namun tidak ada sesuatu yang tertulis diatas kertas
Kasus ini umumnya disebabkan oleh kosongnya tinta pada catrid printer atau. Cobalah untuk mengganti tinta.Jangan lupa untuk memeriksa apakah ada sesuatu yang menghalangi head dengan kertas.Misalnya pada cadtrid yang jarang di gunakan,dimana tinta yang masih berada di catrid sehingga mengering sehingga dan terjadi penyumbatan. masalah ini kadang dapat diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
1. Ambil catrid dari printer
2. Pastikan tidak memegang -megang rangkaian elektronik yang ada disekitar catrid printer yang telah anda lepas karena dapat merusakkannya
3. Ambil air panas, tuangkan ke dalam wadah.
4. Celupkan ujung mata catrid ke dalam air panas yang ada dalam wadah.
5. Goyang-goyangkan catrid tersebut hingga tinta yang ada di dalam catrid mencair.
6. Pasang kembali catridge ke printer dan cobalah untuk mencetak.

Gambar :Cara mencuci catrit

Bila anda melakukan langkah -langkah pembersihan catrid seperti di atas namun hasilnya tetap sama, kemungkinan penyumbatan terjadi hingga bagian pipa penyaluran tinta. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk menguapi saluran tinta catrid dengan uap panas hingga kira-kira tinta yang ada di dalam catrid mencair, kemudian ulangi langkah pembersihan catrid seperti diatas.

Dari blog lain ga tau namanya maaf ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s